Kamis, 09 Juni 2011

JENI (Java Education Network Indonesia)

Java Education Network Indonesia atau yang disingkat dengan JENI adalah sebuah program pendidikan yang di prakarsai oleh Departemen Pendidikan Nasional dengan tujuan untuk menyediakan layanan integratif bagi mahasiswa di Indonesia untuk mempelajari, berbagi dan mengembangkan solusi berbasis JAVA.

Untuk modul - modul terbagi atas:


1. Pengenalan Program Java 1

* Bab 1 Pengantar Pemrograman Komputer
* Bab 2 Pengenalan Bahasa Java
* Bab 3 Mengenali Lingkup Pemrograman Anda
* Bab 4 Dasar - Dasar Pemrograman
* Bab 5 Mendapat Input Dari Keyboard
* Bab 6 Struktur Kontrol
* Bab 7 Java Array
* Bab 8 Argumen Command Line
* Bab 9 Bekerja Dengan Java Class Library
* Bab 10 Penulisan Class
* Bab 11 Pewarisan, Polimorfisme, dan Interface
* Bab 12 Penanganan Pesan Exception

2. Pengenalan Program Java 2

* Bab 1 Review Konsep Dasar
* Bab 2 Exception & Assertion
* Bab 3 Teknik Pemrograman Lanjut
* Bab 4 Tour dari Package java.lang
* Bab 5 Aplikasi Berbasis Text
* Bab 6 Algoritma Sorting
* Bab 7 Abstract Windowing Toolkit dan Swing
* Bab 8 GUI Event Handling
* Bab 9 THREADS
* Bab 10 Jaringan
* Bab 11 Applet
* Bab 12 Stream IO Lanjut
* Bab 13 Pengenalan Generics

3. Pemrograman berbasis Java ME (Mobile)

* Bab 1 Pengembangan Aplikasi Mobile
* Bab 2 Memulai Pemrograman Mobile
* Bab 3 High Level User Interface
* Bab 4 Low Level User Interface
* Bab 5 Persistence
* Bab 6 Jaringan
* Bab 7 Security
* Bab 8 Web Services
* Bab 9 Optimisasi
* Bab 10 Optional Packages
* Bab 11 Topik - Topik Tambahan

4. Pemrograman berbasis Web (JAVA EE)

* Bab 1 Pengenalan Pemrograman Web
* Bab 2 Basic Servlets
* Bab 3 Advanced Servlets
* Bab 4 Dasar JSP
* Bab 5 SQL dan JDBC
* Bab 6 JSP Lanjutan
* Bab 7 Pengenalan MVC
* Bab 8 Advance PDF
* Bab 9 JSF
* Bab 10 Advance JSF
* Bab 11 Keamanan Web
* Bab 12 Development Tool
* Bab 14 Ajax
* Bab 15 Design Pattern
* Bab 16 App Case Study

5. Mobile Game

* Bab1 Class Timer
* Bab 2 Class Thread
* Bab 3 Multiedia API
* Bab 4 Class GameCanvas
* Bab 5 Sprite
* Bab 6 Layer manager
* Bab 7 Tiled Layer

6. Framework Technology

* Bab 1 Pengembangan Aplikasi Java dengan MVC
* Bab 2 Pemrograman MVC dengan WebWork-Struts2
* Bab 3 Teknologi Injection of Control dengan Spring
* Bab 4 Berkenalan dengan Hibernate sebagai solusi model pad
* Bab 6 Membangun Aplikasi Web CRUD dengan Cimande

7. Game Programming

* Bab 1 Pengenalan Game
* Bab 2 Collection & Thread
* Bab 3 Event Handling
* Bab 4 Efek Suara
* Bab 5 Grafik Vektor
* Bab 6 Grafik Bitmap
* Bab 7 Skala, Rotasi, dan Transalasi
* Bab 8 Sprite & Collision Detection
* Bab 9 Pemrogaman Socket


0 comments:

Posting Komentar