Selasa, 13 September 2011

Menambah Kapasitas RAM dengan Flashdisk

RAM (Random-Access Memory) merupakan salah satu jenis memory internal yang menentukan kemampuan sebuah komputer. RAM adalah jenis memory yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer hidup dan mempunyai sifat bisa mengingat data atau program selama terdapat arus listrik dan dapat menyimpan maupun mengambil data dengan sangat cepat.

Random Access Memory (RAM) digunakan untuk menampung data sementara di dalam komputer. Semakin banyak aplikasi yang kita buka, maka semakin banyak pula RAM digunakan.

Contoh :

Kita sering menggunakan komputer, karena asyiknya, kita buka Microsoft Word, kemudian Excell, PowerPoint, Access, ditambah AdobePhotoShop. Kemudian kita ingin membuka Winamp untuk mendengarkan music. Tapi tiba-tiba komputer kita menjadi hang alias mati.

Hal ini terjadi dikarenakan kapasitas RAM-nya habis. RAM (Random Access Memory) biasa digunakan untuk menyimpan data sementara di komputer. Artinya sementara data tersebut hanya bisa dilihat di layar monitor, namun belum kita simpan ke media penyimpanan, seperti Hardisk, flashdisk, CD Room dan sebagainya.

Tentu cara yang sederhana adalah dengan membeli RAM yang baru dengan kapasitas yang lebih tinggi sehingga komputer kita tidak lamabat lagi ketika membuka banyak aplikasi. Tapi, ada beberapa kasus yang membuat orang tidak bisa upgrade memori. Contohnya: slot memori di motherboard sudah habis, atau enggak bisa bongkar casing, atau bokek heheheh

Untuk itu ada cara menambah RAM yaitu dengan memanfaatkan flashdisk (penyimpan data). Dengan menggunakan program Eboostr untuk windows XP dan menggunakan ReadyBoost untuk windows 7

Untuk Windows XP

Menggunakan software (aplikasi) eBooster.exe, kita bisa menambah RAM kita tanpa harus membeli RAM yang baru.

Eboostr adalah sebuah tools yang dapat mejadikan sebuah Flashdisk (FD) menjadi sebuah RAM PC. Software ini dibuat untuk bisa meningkatkan/menambah kapasitas memory RAM pada windows. Eboostr support dengan perangkat USB dan Non Removable Media Device seperti (CF, SD/SDHC, MMC, xD memory card yang lainnya) serta dapat menggunakan memory harddisk yang kosong untuk dialokasikan sebagai cache.

Untuk mendapatkan software Eboostr beserta patchnya temen – temen dapat mendowloadnya disini


Setelah anda download lalu klik 2 kali di file eBoostr4_final_b554 untuk menginstall setelah proses penginstalan sudah sampai halaman ini



Ganti file manager eBoostrCP.exe yang ada di c:\Program Files\eBoostr\ eBoostrCP.exe dengan file yang ada di folder yang sudah adah download tadi dengan nama file eBoostrCP.exe size nya 1,574kb

lalu klik finish dan restart komputer anda


Untuk Windows 7

ReadyBoost adalah sebuah fitur pada Windows 7 yang dapat digunakan untuk menambah kapasitas RAM. Fitur ini pertama kali muncul di Windows Vista. Dengan ReadyBoost, kita bisa membuat sebuah USB flash disk menambah kapasitas memori komputer, bukan cuma USB flash disk saja, kartu memori pun bisa.

ReadyBoost bisa dilakukan dengan instan. Kalau teman – teman kebetulan sudah punya USB flash disk, Sahabat punya kesempatan menambah memori. Masalahnya tidak semua USB flash disk atau kartu memori bisa digunakan untuk ReadyBoost.

Syaratnya adalah

- USB flash disk atau kartu memori itu wajib memiliki kapasitas lebih besar dari 256MB.

- USB flash disk harus diformat dengan sistem file NTFS, FAT16, FAT32, dan exFAT. Sistem file yang disebut paling akhir itu baru didukung di Windows 7.

- Flash disk harus punya kecepatan akses tidak tidak lebih dari 1 milidetik dan kecepatan bacanya minimal 2,5MB per detik. Buruan lihat spesifikasi flash disk pas beli buat tahu hal ini.

Setting di Windows 7

Pengaturan ReadyBoost pada Windows 7 sangat mudah. Berikut ini langkah-langkah untuk mengaktifkan ReadyBoost.

[1] Buka “Windows Explorer” dengan menekan tombol “Win + E”.

[2] Tancapkan flash disk ke komputer, lalu klik kanan pada drive flash disk, klik “Properties”.

[3] Setelah masuk ke kotak Properties, masuk ke tab “ReadyBoost”. Aktifkan “Use this device” kemudian atur besar kapasitas yang akan digunakan. Pada contoh kapasitas yang akan digunakan sebagai memori tambahan adalah 871MB. Klik “OK”.

kotak diatas akan tampil beda kalau flash disk yang dicolok tidak mendukung. Kotak yang muncul berisi tulisan “This device cannot be used for ReadyBoost” – jelas banget keterangannya.

[4] Jika ReadyBoost sudah aktif, maka muncul file bernama ReadyBoost dalam flash disk. Ukuran file-nya sama kapasitas yang tadi sudah kita atur. Kita cukup sekali saja mengaktifkan ReadyBoost pada sebuah flash disk. Tak perlu setiap mencolok flas disk. Tapi ada syaratnya. Yakni, jangan sampai file ReadyBoost terhapus.

Sekarang kapastitas RAM anda sudah bertambah sehingga anda tidak bperlu khawatir akan menjadi lambat ketika banyak membuka aplikasi yang berat.

Jika anda suka dengan artikel ini jangan lupa klik tombol suka atau tweet..

before and after thank's...

1 comments:

Anonim mengatakan...

saya sangat suka and sangat membantu ,trims gan

Posting Komentar