Senin, 01 Agustus 2011

Ranmit dan Solusinya

Virus Ramnit merupakan virus yang cukup terkenal saat ini karena kemampuanya yang cukup membuat pusing pengguna komputer yang terserang virus Ramnit. Virus ini pun dapat menginjeksi ke dalam file .exe seperti hal yang virus sality.

Secara umum virus ini cukup merepotkan, ia akan selalu melakukan koneksi ke internet untuk memanggil alamat website yang sudah ditentukan yang akan ditampilkan secara terus menerus sehingga mengakibatkan komputer menjadi lambat pada saat di akses, terlebih virus ini akan menginjeksi file yang mempunyai ekstensi EXE, DLL dan HTM/HTML baik berupa file program maupun file system Windows sehingga diperlukan langkah pembersihan khusus.

Ciri dan gejala

* Akan menampilkan aplikasi Internet Explorer yang berisi penawaran atau iklan investasi, game dan program-program promosi (terkadang menampilkan iklan porno) dalam jumlah yang banyak secara terus menerus selama komputer terkoneksi internet sehingga menghabiskan banyak bandwidth untuk iklan yang ditampilkan dan mengakibatkan akses internet menjadi lambat pada saat digunakan. Dalam beberapa kasus virus ini juga menyebabkan “Virtual Memory Minimum Too Low”

* Gejala selanjutnya adalah, icon removable media berubah menjadi icon folder. Setelah itu pengguna tidak dapat mengakses flashdisk tersebut dengan peringatan Access is denied. Dan terakhir muncul pula pesan Compressed (zipped) Folders pada saat mengklik drive tersebut.

* Virus ini juga akan menginjeksi file yang mempunyai ekstensi EXE, setiap file EXE yang terinjeksi akan mempunyai ukuran 107 KB lebih besar dari ukuran asalnya. Pada saat menjalankan file EXE yang sudah terinjeksi maka virus akan membuat file duplikat yang di simpan di direktori sama dengan format %nama_file_asal%mgr.exe (contohnya: jika user menjalankan file yang sudah di injeksi dengan nama ”ATF-Cleaner.exe” maka akan muncul file duplikat virus dengan nama ”ATF-Cleanermgr.exe” dengan ukuran 105 kb, file duplikat ini dideteksi sebagai Trojan.Packed.21232.

* Muncul banyak file dengan nama file ‘Copy of Shortcut to (1).lnk’ s/d ‘Copy of Shortcut to (4).lnk’ di flashdisk pengguna. File ini digunakan oleh virus untuk menggandakan dirinya ketika dieksekusi pengguna.

* Salah satu hal yang unik dan membuat virus ini sangat mudah aktif dan sulit dibasmi adalah setiap kali user melakukan klik kanan. Selain menampilkan menu klik kanan, secara tidak langsung pengguna komputer juga telah menjalankan virus ini.

Sebagai informasi, virus ini akan menyebar menggunakan Removable media (USB Flash) dengan memanfaatkan fitur autorun Windows. Agar virus dapat aktif secara otomatis, ia akan membuat file autorun.inf, selain itu ia akan membuat 4 (empat) buah file shortcut dengan nama ”Copy of Shortcut to (1).lnk s/d “Copy of Shortcut to (4).lnk”. Jika user menjalankan salah satu ke 4 file shortcut tadi maka secara otomatis akan menjalankan file virus yang sudah dipersiapkan di direktori [%USB Flash%:\RECYCLER\%nama_acak%.exe].

Virus ini juga akan menginjeksi file yang mempunyai ekstensi EXE, setiap file EXE yang terinjeksi akan mempunyai ukuran 107 KB lebih besar dari ukuran asalnya. Pada saat menjalankan file EXE yang sudah terinjeksi maka virus akan membuat file duplikat yang di simpan di direktori sama dengan format %nama_file_asal%mgr.exe (contohnya: jika user menjalankan file yang sudah di injeksi dengan nama ”ATF-Cleaner.exe” maka akan muncul file duplikat virus dengan nama ”ATF-Cleanermgr.exe” dengan ukuran 105 kb, file duplikat ini dideteksi sebagai Trojan.Packed.21232.

Untuk menyebarkan dirinya, ia akan menggunakan USB Flash dengan memanfaatkan fitur autorun Windows dengan membuat beberapa file berikut:

  • Autorun.inf
  • 4 (empat) buah file shortcut (copy of Shortcut to (1).lnk s.d copy of Shortcut to (4).lnk)
  • RECYCLER\%XX%
    • %xx%.exe dengan ukuran 105 KB
    • %xx%.cpl dengan ukuran 4 Kb

Cara mengatasi Virus Ramnit adalah dengan menggunakan berbagai Tools dengan nama yang bermacam-macam,seperti: Ramnit Killler, Ramnit Cleaner, Ramnit Remover, Ramnit Removal.

1. PCMAV Express for Ramnit, Tools ini sudah disediakan oleh PCMAV sebelum diluncurkannya versi PCMAV 5.1. Silakan download dari sini


2. Dr. Web Antivirus, antivirus ini memiliki kemampuan untuk membersihkan Ramnit dari file dan komputer yang terjangkit oleh virus ini, selain itu kemampuannya untuk membersihkan virus sality pun sudah tidak disangsikan lagi. Silakan download dari sini

0 comments:

Posting Komentar